Bupati Dukung Perda Retribusi IMB Direvisi

METRO, Airmadidi– Usulan untuk merevisi Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Minahasa Utara tentang retribusi daerah khususnya IJin Mendirikan Bangunan (IMB) mendapat dukungan dari Bupati Drs Sompie SF Singal MBA.

Menurutnya peraturan daerah yang telah ditetapkan harus dilaksanakan. Namun lanjutnya kalau memang dirasa merugikan masyarakat apalagi investor seperti halnya Perda IMB di Minut maka pihaknya akan membahasnya kembali. 

Lanjutnya Perda yang ada harus mendukung terciptanya iklim investor di daerah Minut. Apalagi saat ini banyak investor banyak melirik Minut sebagai daerah yang memiliki banyak potensi untuk usaha.

“Kita akan bahas kembali Perda retribusi IMB supaya tidak merugikan masyarakat dan investor. Kami akan sesuaikan dengan perubahan dan kebutuhan masyarakat,” tutur Singal, kepada wartawan belum lama ini.

Sebelumnya diberitakan Wakil Ketua Komisi B DPRD Minut Henry Walukow SE, mengungkapkan banyaknya keluhan masyarakat karena tingginya retribusi IMB di daerah ini. 

Menurutnya tingginya retribusi IMB di Minut akan berimbas pada kesadaran masyarakat untuk membayarnya. Selain itu juga akan menurunkan keinginan investor untuk menanamkan investasinya di daerah ini.  

"Perda tentang retrebusi daerah khusus untuk IMB akan direvisi. Ini sudah masuk dalam usulan teman-teman yang tergabung dalam komisi B untuk jadi inisiatif dewan dalam rangka mendukung investasi di Minut," ungkap Walukow, seraya menambahkan, apa lagi sudah banyak dikeluhkan oleh masyarakat dan investor.(23)