Musa Gantikan Tobing Jabat Danrem 131/Santiago

METRO, Manado- Danrem 131/Santiago, Brigjen TNI Johny Lumban Tobing, dikabarkan masuk dalam gerbong mutasi Perwira Tinggi (Pati) di tubuh TNI.  Dari 34 petinggi TNI mengalami mutasi, salah satunya asdalah Danrem 131 Santiago.  Mutasi di jajaran TNI itu berdasarkan Keputusan Panglima TNI Nomor : Kep/465/VII/2013 tanggal 1 Juli 2013, tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan TNI.

Danrem 131/Santiago, Brigjen TNI Johny Lumban Tobing akan diganti oleh Brigjen TNI Musa Bangun, yang sebelumnya mengabdikan diri sebagai Direktur Doktrin (Dirdok) Komando Pembina Doktrin, Pendidikan dan Latihan (Kodiklat) TNI AD. Tobing sendiri bergeser ke jabatan Musa. Musa pernah menjabat Komandan Komando Resor Militer (Danrem) 091/Aji Surya Natakesuma, Kalimantan Timur.

Tobing saat dikonfirmasi melalui ponsel, menyatakan belum menerima SK dari Mabes TNI AD terkait mutasi ini. Namun demikian, dia mengaku telah menerima telpon dan SMS bahwa dirinya akan menempati posisi baru tersebut. “Saya belum terima surat dari atasan. Namun saya bersyukur, mendengar hal itu, saya langsung berdoa syukur. Saya bertugas di daerah ini sekitar 13 bulan. Saya dan beliau (penggantinya) satu leteng AKABRI 83,” terang Tobing, tadi malam. 

Sementara itu, dari mutasi tersebut, terdapat 24 orang dari TNI AD, yang meliputi Mayjen TNI Mohamad Nasir dari Danpussenif Kodiklat TNI AD menjadi Pati Mabes TNI AD (dalam rangka pensiun), Brigjen TNI I Made Agra Sudiantara dari Staf Khusus Kasad menjadi Danpussenif Kodiklat TNI AD; Brigjen TNI Ir. Lestari Wiyono, ST MM MSc dari TA serta sejumlah Danrem.

Kemudian dari TNI Angkatan Laut (AL) 6 orang, meliputi Laksda TNI Christina M Rantetana SKM MPH dari Sahli Bid Ideologi dan Konstitusi Kemenko Polhukam menjadi Pati Mabes TNI AL (dalam rangka pensiun), Laksda TNI Ir Yopie Frans dari Staf Khusus Kasal menjadi Pati Mabes TNI AL (dalam rangka pensiun), Brigjen TNI (Mar) Heri Setiadi dari Danlantamal XI/Mer Koarmatim menjadi Staf Khusus Kasal serta Brigjen TNI (Mar) Denny Kurniadi SMn dari Wadan Paspampres menjadi Danpasmar II Kormar.  

Sedangkan TNI Angkatan Udara (AU) 4 orang yang dimutasi, diantaranya Marsma TNI Drs Deddy MPH MPsi dari Pati Sahli Kasau Bid. Sumdanas menjadi Pati Mabes TNI AU (dalam rangka pensiun) dan Marsma TNI Krismaranto SH MH dari Kadiskumau menjadi Pati Mabes TNI AU (dalam rangka pensiun).(50)